«

»

10 Cara Mengatur Keuangan

Bagi sebagian orang, sesuatu kebanggaan apabila bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan atau pendapatan dari pekerjaannya. Dan untuk itu, ada baiknya jika dibuatkan rencana untuk mengatur keuangan agar tetap terpenuhinya kebuutuhan.

 

  1. Tentukan tujuan keuangan

Yang paling utama apabila anda hendak menyisihkan sebagian dari pendapatan anda, maka tentukan lah tujuan keuangan anda tersebut.

Seperti saat anda ingin memiliki rumah, kendaraan atau barang mewah lainnya, maka anda harus bisa  menentukan tujuan anda tersebut.

 

  1. Tetapkan rencana pengeluaran

Terkadang biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tidak terasa digunakan dan akan terasa apabila uang tersebut telah berkurang atau menipis.

Untuk itulah, anda harus bisa menetapkan dan merincikan akan digunakan untuk apa saja uang anda tersebut.

 

  1. Bisa menahan diri dari belanja

Menahan diri dari belanja ? ini yang bagi sebagian orang sulit untuk diterapkan, karena adanya promosi, diskon, hadiah dan sebagainya dari pihak toko atau pun penjual.

Nah, disini anda harus bisa menahan diri dari belanja untuk keperluan yang tidak perlu atau kebutuhan utama, sehingga anda akan bisa lebih hemat.

 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis

 

  1. Hitung biaya pribadi

Dalam keseharian kita, ada yang namanya keperluan pribadi dimana produk atau pun barang itu hanya untuk diri kita pribadi.

Untuk itu lah, anda harus bisa menentukan produk atau barang pribadi yang mana yang akan diutamakan sehingga bisa disiapkan sesuai keperluan anda.

 

  1. Temukan produk sejenis yang lebih murah

Untuk lebih menghemat biaya pengeluaran, coba anda cari produk atau barang yang digunakan itu sama atau sejenis dan tentu pilih lah yang harganya lebih murah dibandingkan dengan produk atau barang sejenisnya.

Disini anda bisa menggunakan dan memanfaatkan produk dan barang sesuai dengan keperluan anda, sehingga produk atau barang tersebut tidak menjadi mubazir.

 

  1. Lakukan penelitan online sebelum berbelanjadi toko

Untuk memudahkan anda sebelum berbelanja ke toko, alangkah baiknya anda bisa cek harga barang atau produk yang akan anda beli, sehingga anda tidak tertipu dan terpedaya dengan harga yang ditawarkan oleh toko.

Dan jika memungkinkan anda bisa memberikan tawaran untuk produk atau barang yan hendak anda beli, sehingga anda akan merasa lebih untung.

 

Baca Juga : Konsep Membangun Bisnis

 

  1. Cari tambahan pemasukan

Ini menjadi salah satu solusi untuk menambah penghasilan anda untuk memenuhi keperluan dan kebuutuhan anda.

Saat ini, banyak jenis, cara serta system untuk mendapatkan penghasilan yang jelas atau hanya sekedar untuk menambah waktu kosong anda agar tidak tersia-siakan.

 

  1. Mulai berbisnis sendiri

Ini salah satu cara untuk mencari tambahan pemasukan bagi keuangan anda yaitu dengan memulai berbisnis dan untuk memulai bisnis bisa dengan menggunakana modal kecil atau tanpa modal.

Salah satu bisnis yang tanpa modal alias gratis yaitu Online Shop (Reseller/Dropshiper) dari berjualan secara online.

 

  1. Negosiasikan ulang tentang upah

Jika anda seorang pekerja atau karyawan swasta, mungkin anda bisa kembali menegosiasikan tentang upah anda kepada atasan anda., sesuai dengan kemampuan anda.

Ini bisa menambah pemasukan keuangan anda yang selanjutya anda harus bisa berhemart dengan mengatur biaya pengeluaran anda.

 

Baca Juga  : Tips Memulai BIsnis

 

  1. Hindari memiliki utang

Dan Terakhir yang terpenting, hindari memiliki hutang. Jika anda memiliki utang, usahakanlah agar anda bisa cepat menyelesaikannya, agar anda bisa fokus dalam menyisihkan dari sebagian keuangan anda.

Berhutang bukan tidak boleh, tetapi alangkah baiknya jika anda bisa menghindari ang namanya utang.

Semoga bermanfaat.
Jika menurut anda bermanfaat. Silakan di bagikan.

Share This Post
Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Share
Share
Lokak Bisnis