«

»

Konsep Bisnis Rumahan

Ketika anda mendengar nama rumahan, pasti dalam pikiran anda akan tertuju pada hal yang bersifat home industri, bisnis yang dikerjakan di rumah, atau bisnis yang menggunakan rumah sebagai tempat produksi atau pun berdagang / berjualan. Selain itu  bisnis ini dapat dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga, baik sebagai pekerjaan sampingan ataupun sebagai pekerjaan utama. Karena itu,  syarat utama untuk menjalani bisnis rumahan adalah adanya mental wirausaha pada diri anda karena hal inu yang akan  mempengaruhi  tingkat keberhasilan anda dalam menjalankan bisnis rumahan.

Baca juga : 4 Konsep dalam Membangun Sebuah Bisnis

Bisnis Rumahan adalah salah satu cara atau jalan yang bisa di tempuh oleh siapapun yang mau menjadikan rumahnya sebagai basis dalam menjalankan bisnis anda. Menjadi pebisnis haruslah menjadi kreatif, inovatif serta selalu mengembangkan hal-hal baru dalam bisnis anda.

Selanjutnya, apa yang anda bisa lakukan untuk menghadapi persaingan melalui bisnis rumahan ? Apakah berarti produk anda terancam tidak laku ? Tenang saja, karena setiap masalah selalu ada solusinya masing-masing. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi hal tersebut :

 

1. Fokus pada niat anda

Jika anda ingat terus niat mulia dalam berbisnis, maka anda akan tetap bersemangat tanpa terlalu memikirkan atau mencemaskan para pesaing anda. Karena, jika tujuan anda sudah benar dan semangat anda sekuat baja, maka halangan atau saingan yang muncul akan anda anggap sebagai batu besar di tengah jalan yang menghalangi anda untuk maju. Jadi, tetap dan teruskanlah sesuai dengan niat anda.

2. Learning by Doing

Jika ternyata anda mempunyai saingan, tidak ada salahnya jika anda juga belajar dari saingan anda. Kenalilah apa yang menjadi kiatnya unuk maju, tidak ada salahnya anda dekati untuk belajar. Dalam berbisnis, kita harus rendah hati untuk mencari ilmu. Setelah anda tahu apa yang menjadi trik sukses bagi pesaing anda, anda bisa memilih cara anda sendiri yang bisa menjadi khas anda untuk maju. Cara ini tentulah cara yang unik yang akan membuat anda dikenal oleh orang lain.

3. Membuat sesuatu yang khas

Ciri khas itu penting. Sangat penting malah. Karena sederhananya, jika orang mengenal produk anda, mereka akan menyebutsatu suku kata untuk menggambarkan brand (merek produk) anda. Bentuk-bentuk ciri khas itu cukup beragam. Diantaranya anda bisa menyediakan pelayanan, bentuk produk, rasa atau kenyamanan tempat dan promosi yang diberikan.

4. Inovasi yang tak kenal henti

Begitu produk anda ditiru oleh orang lain, maka sikap positif  yang anda perlukan untuk dilakukan adalah segera membuat inovasi baru terhadap produk anda. Karena semakin banyak pesaing akan membuatbanda semakin kreatif. Semakin banyak pesaing akan membuat anda semakin cerdas dan tidak perna kehilangan ide.

5. Bekerja sama

Bekerja sama akan membuat potenai-potensi individu bersatu dan melebur menjadi lebih kuat. Tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja sama dengan pihak pesaing. Bentuk konkretnya, seperti standarisasi harga bersama, memberikan informasi barang yang tidak dimiliki oleh pesaing kita, atau dengan bersedia menitipkan dagangan rekan ditempatnya dengan prinsip sama-sama untung.

Semoga ini bermanfaat.

Silakan di share.

Share This Post
Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Share
Share
Lokak Bisnis